Friday, April 13, 2018

Test


Dalam halaman dokumen Word Office 2016, dapat menampilkan nomor halaman (page). Penomoran pada halaman dimaksudkan untuk menampilkan tanda urutan dalam rangkaian lembar dokumen. Dengan nomor halaman ini dapat memberikan informasi Anda sedang berada dimana dalam dokumen tersebut. Nomor halaman dapat mengecek, apakah urutannya sudah benar, dan bisa mereferensikan halaman tertentu.

Ketika Anda menggunakan nomor halaman, segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Karena Anda dapat kembali dan melihat nomor yang Anda mulai pada suatu bab atau halaman. Anda juga dapat menyebutkan halaman untuk merujuk suatu perihal. Atau berapa halaman yang ada dalam sebuah bab atau dokumen. Semuanya terasa lebih terorganisir.

Operator computer dapat menampilkan nomor halaman di Word, baik keseluruhan maupun per bagian (section). Misalnya, memberi halaman pada bagian kata pengantar dan daftar isi yang berbeda pada halaman bab. Jenis karakter penomoran dapat berbeda dan dapat diulang dari urutan pertama maupun dari nomor tertentu.



Posisi dan jenis bentuk nomor halaman (Page Number)

Menampilkan posisi nomor halaman biasanya ditempatkan di header atau footer halaman. Berikut ini adalah jenis nomor halaman yang disediakan di Office Word 2016.

Perintah Page Number berada di tab ribbon Insert, group Header & Footer. Page Number akan menampilkan menu drop-down untuk posisi dan jenis penomoran sebagai berikut:


Nomor halaman ditempatkan di bagian atas dokumen, yaitu di area Header. Terdapat banyak pilihan jenis bentuk paga number.
Antara lain, Simple: Plain 1 kiri, Plain 2 tengah, Plain 3 kanan. Page X: Nomor halaman + label Page + Aksen garis (bilah). Accent Bar 1, Accent Bar 2. Page X of Y: Nomor Halaman dari seluruh jumlah halaman dalam dokumen. Bold Numbers 1, Bold Numbers 2, Bold Numbers 3. Dan masih banyak lagi variasi. Anda tinggal klik pada salah satunya yang disukai.

Nomor halaman ditempatkan di bagian bawah dokumen, yaitu di area Footer. Pilihannya mirip dengan page number di bagian atas, namun ada berbedaan dalam pilihan variasi nomor halamannya yang disesuaikan. Silahkan pilih yang disukai.

Menempatkan nomor halaman di bagian margin. Pilihannya adalah Accent Bar, Left dan Accent Bar, Right (aksen bilah di margin kiri atau kanan margin halaman). Vertical, Left dan Vertical Right (karakter vertikal di kiri atau kanan margin halaman).

Memilih jenis dan bentuk nomor halaman untuk diterapkan pada posisi di mana kursor sedang diletakkan.

Dengan mengklik Format Page Number, akan muncul jendela Page Number Format. Disini, Anda dapat dapat memilih jenis karakter di drop-down Number Format, contohnya nomor angkat, huruf, angka romawi dll. Pada bagian Page numbering terdapat pilih bullet buttom Continue from previous section jika ingin melanjutkan urutan nomor. Start at untuk memilih nomor dimulai dari angkat atau huruf tertentu, jenisnya disesuaikan dengan pemilihan format nomor. Akhiri dengan klik OK, jika ingin membantalkan klik Cancel.

Langkah Membuat Page Number Berbeda pada Halaman Dokumen

Berikut ini adalah langkah membuat section break:
  1. Membuat section baru dengan Page Break
    Pembahasan lengkap tentang page break dapat dilihat di cara membuat variasi halaman dengan Page Breaks dalam dokumen Word 2016.
    • Patikan kursor berada pada halaman yang ini dibuat untuk bagian (section) halaman baru.
    • Di tab ribbon Layout, pada group Page Setup, Page Break, Next Page link to variasi halaman
  2. Buka Header and Footer link to kop surat
  3. Matikan Link to Previous
  4. Insert Page Number dengan format berbeda
×

Word 2010

  1. Sorot atau pilih, "row" atau baris header tabel (baris pertama atau teratas tabel, bisa lebih dari satu baris). 
  2. Lalu klik menu Table. 
  3. Selanjutnya pilih Heading Rows Repeat.

Gambar Menu Heading Rows Repeat
Menu Tabel, Heading Row Repeat
×

Word 2016

  1. Pilih header tabel (baris teratas tabel), cara tercepat dengan tempatkan kursor di sebelah kiri luar tabel, lalu klik.
  2. Klik tab ribbon Layout, di Table Tools.
  3. Klik Repeat Header Rows di group Data
  4. repeat rows header word 2016
    Repeat Rows Header Word 2016
logoblog

No comments:

Post a Comment

Apa pendapatmu guys?